Saturday, August 15, 2015

Cara Menghitung 3, 100 dan 1000 Harian Kerabat yang Meninggal menggunakan Date Calculator

Ketika ada kerabat kita yang meninggal, menurut adat Jawa, terdapat tradisi memperingati hari meninggalnya kerabat kita tersebut pada 3, 100, 1000 dan tiap tahunnya. Namun dikarenakan jumlah hari yang berbeda tiap bulannya (30, 31 atau 28), kita terkadang kesulitan dalam menentukan berapa tanggal tepat jatuhnya hari-hari peringatan tersebut sesuai kalender umum/Gregorian, sehingga seringkali kita harus menghitung secara manual, dari hari ke hari untuk menentukan tepatnya tanggal tersebut.


Salah satu cara mudah untuk melakukan perhitungan di atas adalah menggunakan Date Calculator. Date Calculator adalah aplikasi android yang berupa Calculator, namun berbeda dari Calculator biasanya, Date Calculator melakukan operasi matematika berbasis tanggal, artinya semua perhitungan matematisnya didasarkan pada nilai Julianday. Tentu saja, kita masih dapat melakukan operasi matematika seperti penambahan, pengurangan, perkalian bahkan pembagian sebagaimana dengan angka biasanya. Tetapi karena berbasis Julianday, Calculator ini tidak akan menghasilkan perhitungan negatif, karena Julianday tidak memiliki nilai negatif dan angka minimum, yaitu angka nol adalah hari pertama yang mengacu pada tanggal 1 Januari -4712, tanggal dimana perhitungan Julianday dimulai.




Fitur Date Calculator memiliki beberapa tombol dasar, seperti button Today dan Date. Kedua tombol ini berturut-turut digunakan untuk menyisipkan tanggal hari ini dan dan tanggal yang ingin dimasukkan. Misalnya, untuk menghitung 100 hari dari hari ini (hari dimana tulisan ini ditulis), dapat dihitung menghitung sesuai urutan langkah sebagaimana berikut:


  1. Tekan tombol Today untuk menyisipkan tanggal hari ini atau tombol Date untuk menyisipkan tanggal tertentu sebagai input hari meninggalnya kerabat yang mau kita hitung.


  1. Untuk mengetahui 100 hari dari hari yang ditentukan, tekan tombol tambah dan masukkan 99 yang menunjukkan penambahan 99 hari.




  1. Tekan tombol “=”, maka Date Calculator akan menunjukkan tanggal hari ke 99 setelah tanggal acuan yang ditentukan.




  1. Lakukan hal yang sama untuk mengetahui 3 harian, 1000 harian dan lain sebagainya.


Mengapa untuk menghitung 100 hari hanya menggunakan 99 hari? Dalam hitungan Jawa, waktu Maghrib dianggap sebagai waktu pergantian hari baru, sehingga malam dari hari ke 99, adalah 100 hari dari tanggal yang dihitung. Sehingga sebagaimana contoh pada gambar, 18 November 2015 adalah 99 hari dari hari kematian, dan malam dari tanggal tersebut adalah peringatan 100 harian dari hari kematian tersebut.


Selain digunakan untuk menghitung keberapa harian kerabat yang meninggal di atas. Date Calculator dapat digunakan juga untuk menghitung operasi matematis yang berbasis tanggal lainnya. Seperti untuk menghitung tanggal dimana project akan berakhir sesuai jumlah hari dateline yang ditentukan dengan mudah, mengetahui nama hari apa, dan date calculator juga dapat digunakan sebagai Julian Date Converter.


Date Calculator dapat di download versi gratis dan berbayarnya berturut-turut pada link berikut ini:




dan



logo

Popular Posts