Algorithma Collision Detection Sederhana

Dalam pembuatan game akan sering digunakan collision detection yang digunakan untuk memberikan interaksi antara object dengan object yang lain. Seperti ketika tembakan mengenai musuh, ketika pesawat saling bertabrakan, atau ketika object mengenai pos point, dan lain sebagainya.

Kemudian karena berhubungan dengan object, biasanya collission detection akan dibutuhkan untuk mendeteksi tiap object yang terdapat dalam game, sehingga diperlukan algorithma yang seefektif mungkin agar game tidak terlalu memakan memori untuk deteksi object yang bersinggungan saja.


Collision detection yang paling sederhana adalah dengan mendeteksi area persegi masing-masing object. Seperti ditunjukkan dalam gambar di atas dan pseudocode dibawah ini, masing-masing object dihitung berdasarkan area persegi yang bersinggungan. Sehingga meskipun nilai pixel memiliki nilai alpha 0, namun jika masih terdapat pada area persegi object, maka masih dianggap bersinggungan.

if(bx1<axo || bxo<ax1 || by1<ayo || byo<ay1){ 
 //not collide 
} 

Implementasi tutorial singkat dalam posting ini dapat dilihat dalam video tutorial pembuatan puzzle game dengan Java Greenfoot berikut:


Dalam blog ini penulis tidak menyediakan source code langsung. Karena dalam video sudah ditunjukkan implementasi collision detection pada fungsi checkCollision. Dan juga hasil interaksinya pada object, serta contoh interaksi collision detection yang berkesinambungan.

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Source Code Greenfoot

Game TicTacToe dengan Greenfoot

Algorithma Coretan Abstrak dengan HTML5 Canvas

Cara Membuat Halaman HTML Sederhana

Kode Greenfoot Game Snake Sederhana

Algoritma Tombol Putar dengan Greenfoot

Melihat Alamat Berbentuk QR Code di Undangan Pernikahan

Honeycomb Style Wallpaper dengan HTML5 Canvas

Tips Agar Website Anda Segera di Terima oleh Google Adsense dan di-Monetize

Modifikasi Obyek 3D Hellosceneform dengan MeshLab