Android App dengan Greenfoot


Setelah sekian lama berputar-putar mencari solusi bagaimana menggunakan media Greenfoot sebagai alat untuk membuat aplikasi Android, karena mengingat aplikasi Greenfoot dan Android masing-masing sama-sama ditulis dengan kode pemrograman Java. Akhirnya dengan konsep tanpa mengubah seluruh kode yang telah di tulis dengan media Greenfoot, kami mengembangkan library, yang mengambil ide pengolahan gambar berdasarkan yang dilakukan oleh developer Greenfoot.

Library yang kami kembangkan tersebut adalah kumpulan method Java yang menjembatani antara method-method yang tersedia dalam library Android dengan method-method yang digunakan dalam Greenfoot. Sehingga aplikasi yang dibuat dengan Greenfoot, harapannya dapat berjalan juga di Android, tanpa perlu merubah kode apapun.

Bukan untuk berusaha mengambil original idea atau mencurinya, sebagai pemula dalam pemrograman Java untuk image processing 2D, akan lebih mudah meng-code dengan Greenfoot, apalagi bagi pemula yang baru mengetahui OOP (Object Oriented Programming), akan lebih cepat lagi dalam memahami logika pemrograman Java.

Terlebih Michael Kölling (developer Greenfoot) sendiri mempresentasikan Greenfoot adalah sebagai media agar anak-anak belajar meng-code untuk melatih logika berpikir mereka (link youtube).

Kemudian mengingat aplikasi Android sekarang ini lagi marak-maraknya, yang didukung oleh kemampuan Hardware image processing yang juga semakin tinggi, library ini kami kembangkan dengan harapan dapat membantu para developer muda yang baru belajar dalam image processing 2D yang ingin mengembangkan aplikasinya dalam environment Android. Terutama supaya lebih mudah melihat hasil aplikasinya dalam bentuk apk.

Sampai tulisan ini di update, Library yang kami maksud di atas masih terus kami coba kembangkan dan belum di publish untuk umum.

Tetapi jika anda suka Greenfoot dan menginginkan untuk membeli beberapa contoh source code baik itu simulasi maupun game, anda dapat membelinya melalui petunjuk pada posting dibawah ini:
Sedangkan untuk contoh kode program yang gratis dapat dilihat pada posting berikut ini:
Dan contoh Edugameapp yang sudah jadi, yang didesain dulu di Greenfoot kemudian diimplementasikan ke bentuk Android dapat anda temukan di http://edugameapp.blogspot.com.

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Genetics Algorithm Method with Progressive Error Prediction

Algorithma Perhitungan Weton Jodoh dengan Javascript

Kumpulan Source Code Greenfoot

Cara Menentukan Arah Kiblat Menggunakan Google Maps

Kode Greenfoot Game Flappy Bird

Algorithma Java Mencari KPK dan FPB

Jasa Konversi Aplikasi Greenfoot ke Android

Ijazah lebih Penting Dibanding Skill

Cara Membuat Halaman HTML Sederhana

Donasi Pertama dari Upload Karya di Pixabay