Software Gratis My Scanner untuk Scanning Kuisioner


My Scanner adalah aplikasi Java yang dapat digunakan untuk melakukan scanning kuisioner. Aplikasi ini berbentuk software dekstop yang membutuhkan JDK untuk menjalankanya. Dengan tampilan dan fitur yang sederhana, software ini cukup akurat untuk melakukan scanning secara otomatis, seperti kuisioner, lembar jawaban, polling cetak, dan lain sebagainya.



Secara umum penggunaan aplikasi My Scanner adalah dengan scanning kusioner yang sudah dalam bentuk digital, artinya jika kuisioner anda masih dalam bentuk cetak, anda harus menscannya terlebih dahulu menjadi file digital, selanjutnya dengan membuat template scan sesuai dengan kuisioner yang anda buat sendiri, dan dengan memanggil semua file tersebut secara bersamaan, maka My Scanner akan melakukan scanning dan melakukan counting frekuensi sesuai template yang disematkan.

Untuk cara membuat template dan tutorial lebih lanjut mengenai penggunaan aplikasi ini dapat anda llihat pada folder Buku manual yang disertakan dalam aplikasi ini.

Kelebihan:
  1. Customisasi kuisioner, sehingga anda dapat membuat kuisioner sendiri
  2. Portable, tidak perlu diinstall.
  3. Pada program ini menggunakan metode scalling, sehingga secara otomatis, gambar akan menyesuaikan dengan ukuran template. 
  4. Dilengkapi dengan Tabel Frekuensi yang dapat secara langsung menampilkan banyaknya jumlah item pilihan jawaban yang dipilih dari hasil pemindaian/penyecanan.
  5. Tampilan program yang sangat simple dan ukuran program yang sangat kecil (132 kb) membuat program ini sangat cocok bagi PC / Laptop yang berspesifikasi rendah.
  6. Kemampuan deteksi target pemindaian sangat baik (antara 95%-100%) dan kecepatan proses pemindaian cukup cepat.

Kelemahan:

  1. Kuisioner hanya untuk scanning pilihan mendatar
  2. Input harus berupa single gambar dalam format .png, .jpg, .jpeg, atau bitmap. Jadi, tidak bisa secara langsung proses dari memasukkan kertas ke hardware scanner dan langsung ditampilkan hasilnya. 
  3. Program ini baru bisa dijalankan setelah Anda menginstal JDK (Java Development Kit). Jadi, jika Anda tidak / belum menginstal JDK, maka program ini tidak bisa dijalankan. 
  4. Program My Scanner Berbasis Java ini didistribusikan secara gratis dan dapat digunakan untuk non-commercial dan program ini oleh Lab. Komputasi Jurusan Fisika Fakultas MIPA UB. Jadi, jika Anda ingin memiliki program ini, silahkan Anda mengcopy program ini pada folder Aplikasi.

Download My Scanner.zip


Untuk pengembangan versi terbaru dapat dilihat pada posting yang berjudul "Software Java My Scanner 2.0".

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Source Code Greenfoot

Game TicTacToe dengan Greenfoot

Algorithma Coretan Abstrak dengan HTML5 Canvas

Cara Membuat Halaman HTML Sederhana

Kode Greenfoot Game Snake Sederhana

Algoritma Tombol Putar dengan Greenfoot

Melihat Alamat Berbentuk QR Code di Undangan Pernikahan

Honeycomb Style Wallpaper dengan HTML5 Canvas

Tips Agar Website Anda Segera di Terima oleh Google Adsense dan di-Monetize

Modifikasi Obyek 3D Hellosceneform dengan MeshLab