Belajar Perhitungan Numerik dengan Java

Perhitungan numerik, mungkin tidak banyak masyarakat Indonesia mengetahuinya. Di lingkungan kuliah pun hanya beberapa Jurusan saja yang menyediakan mata kuliah tersebut. Sehingga perhitungan ini tidak begitu banyak dikenal, meskipun adakalanya orang sebenarnya melakukan perhitungan numerik, namun tidak menyadarinya.

Kegunaan perhitungan numerik sebenarnya adalah lebih mengarah kepada perhitungan yang dapat dilakukan oleh komputer. Hal ini karena komputer hanya dapat melakukan perhitungan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, mod dan perhitungan dasar lainnya. Dengan kata lain, jika ada perhitungan analitik yang tidak dapat dilakukan komputer, maka akan diperlukan suatu metode pendekatan yang menghasilkan nilai error. Nilai error inilah yang membedakan antara perhitungan numerik dan analitik. Semaikn kecil nilai error perhitungannya, maka akan semakin bagus metode pendekatannya.

Jika anda ingin belajar atau sekedar mengetahui apa itu perhitungan numerik, seiring penulis mengerjakan penelitian utama penulis mengenai Planning Radioterapi, penulis membuat beberapa tutorial mengenai contoh-contoh implementasi metode numerik dalam bahasa pemrograman Java. Tutorial tersebut juga berisi dasar-dasar pemrograman Java dan dapat Anda lihat di channel Youtube penulis yang meliputi:

  1. Cara kompilasi denganJava
  2. Perkalian matrik
  3. Contoh membuat fungsi
  4. Contoh membuat Thread
  5. Bilangan prima
  6. Deret Fibonacci
  7. Metode Biseksi untuk mencari akar-akar kuadrat
  8. Metode Secant untuk mencari akar-akar kuadrat
  9. Metode Eliminasi Gauss-Jordan untuk mencari invers matrix
  10. Metode Iterasi Gauss-Seidel untuk mencari nilai koefisienpersamaan polynomial
  11. Implementasi Swarm Intelligence
  12. Integrasi Numerik untuk menghitung luas area dibawah kurva
  13. Metode Runge-Kutta
  14. dll 

Alasan kenapa penulis membuat tutorial dalam bentuk video, karena berdasarkan pengalaman, penulis belajar bahasa pemrograman berawal dari melihat. Oleh karena itu penulis berharap, dengan mengetahui step-step membuat kode program, kompilasi dan troubleshooting error, diharapkan Anda dapat juga belajar metode numerik lebih cepat dan dapat mengimplementasikannya secara langsung sesuai dengan yang penulis coba tunjukkan di video.

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Genetics Algorithm Method with Progressive Error Prediction

Algorithma Perhitungan Weton Jodoh dengan Javascript

Kumpulan Source Code Greenfoot

Cara Menentukan Arah Kiblat Menggunakan Google Maps

Kode Greenfoot Game Flappy Bird

Algorithma Java Mencari KPK dan FPB

Jasa Konversi Aplikasi Greenfoot ke Android

Ijazah lebih Penting Dibanding Skill

Cara Membuat Halaman HTML Sederhana

Donasi Pertama dari Upload Karya di Pixabay