Donasi Pertama dari Upload Karya di Pixabay

Ikut serta berkontribusi upload gambar yang dapat didistribusikan gratis dan untuk komersial, ternyata masih berpotensi untuk mendapatkan income berupa donasi.

Contoh Karya

Dengan membuat gambar seperti di atas, dan mendistribusikannya melalui Pixabay, penulis mendapat donasi sebesar $5 dari seseorang donatur.

Laporan PayPal

Pixabay adalah penyedia gambar yang berlisensi gratis, tanpa atribusi dan dapat digunakan untuk komersial.

Komersial yang dimaksud di sini, pendownload dapat menggunakan gambar untuk kepentingan dijual kembali. Namun dengan syarat, gambar bukan dijual langsung sesuai aslinya, atau menjadi barang dagangan. Tetapi perlu dimodifikasi sendiri menjadi gambar baru, kemudian baru dapat dijual.

Sehingga seluruh gambar di Pixabay dapat digunakan dalam artikel, blog, infografis, ilustrasi atau karya grafis lainnya dengan free royalti dan no attribution.

Berdasarkan pengalaman penulis, gambar atau foto yang dapat di distribusikan melalui Pixabay haruslah foto atau gambar karya sendiri. Bukan hasil plagiasi karya orang lain.

Namun sayangnya, meskipun dapat didistribusikan juga untuk komersial, persyaratan penerimaan gambar, memungkinkan gambar yang seharusnya ber-royalti tetap dapat diterima oleh peraturan komunitas.

Sehingga jika ditelah lebih lanjut, gambar yang di Pixabay sebenarnya tidak semuanya dapat digunakan untuk komersial.

Oleh karena itu, untuk upload di Pixabay, hendaknya pemilik foto atau pembuat gambar, benar-benar mengupload gambar yang terbebas copyright dan dapat dikomersialkan. Sedangkan bagi pengguna gambar, harus tetap berhati-hati menggunakan foto atau gambar dari Pixabay, karena masih berpotensi pelanggaran hak cipta.

Edugameapp from Computational Lab



Popular posts from this blog

Cara Menentukan Arah Kiblat Menggunakan Google Maps

Kapabilitas Robot Trading Forex

Tips Whatsapp untuk Optimasi Kontak Toko Online