Friday, November 10, 2017

Bagaimana Guru mendapatkan Passive Income dengan Membuat Content Online

Menyediakan resources untuk dunia pendidikan dalam bentuk digital, sebenarnya sangatlah potensial saat ini. Apalagi dengan metode belajar yang disebut dengan e-learning. Selain sebagai sarana untuk berbagi ilmu, resources edukasi dalam bentuk digital dapat berpotensi untuk dapat menghasilkan income. Bukan dengan jalan menjualnya, namun membagikannya kepada public, dalam bentuk blog dan dimonetize dengan iklan.


Penulis, dulunya adalah seorang laboran, dan sempat menjadi asisten dosen, dan ikut mengajar selama kurang lebih 3 tahun.  Selama mengajar tersebut, tiap semesternya, penulis dapat mengumpulkan bahan mengajar, yang terkumpul dalam bentuk digital dan tersimpan di hardisk penulis. Di mana kurang lebih setahun terakhir ini, ketika tulisan ini tulis, penulis baru menyadari bahwa bahan ajar yang penulis kumpulkan tersebut ternyata dapat berpotensi untuk diuangkan, namun hanya sekedar sebagai passive income.

Cara memonetize-nya adalah dengan memajang resources yang berbentuk file presentasi Power Point, artikel ringkasan penulis (dalam bentuk word atau pdf), video tutorial, dan resources bentuk lainnya ke dalam blog yang sudah terdaftar Adsense. Sehingga ketika ada mahasiswa yang mencari referensi yang cocok dengan resources yang penulis sediakan, dan datang ke blog penulis serta melihat iklan Adsense. Jika beruntung, kunjungan mahasiswa tersebut akan terhitung sebagai satu impresi di account Adsense penulis. Dan jika penulis dapat mengumpulkan 1000 impresi, maka biasanya jumlah impresi tersebut nilainya sama denga $0.01. Namun jika dari 1000 impresi tersbut ada pengunjung yang sampai meng-klik iklan maka jumlah income yang didapat bisa lebih besar.

Tetapi perlu diperhatikan, kedatangan pengunjung dan melakukan interaksi klik atau semacamnya, diusahakan bukan oleh ajakan pemilik blog. Mahasiswa yang datang tersebut, haruslah dari organic traffic, yaitu user yang benar-benar datang tanpa direka-reka oleh pemilik blog. Jika pemilik blog melakukan kecurangan baik itu disengaja maupun tidak sengaja, maka pemilik blog akan dimungkinkan terancam dianggap invalid traffic, yang dapat menyebabkan account Adsensenya dinonaktifkan. 

Untuk pendaftaran Adsense, sebelumnya penulis memang telah mencoba product Adsense untuk App dan Games Android yang disebut dengan Admobs. Saat itu penulis juga telah mencoba mendaftar untuk blog, namun karena persyaratannya yang sulit kala itu, blog penulis belum juga diterima selama kurang lebih 2 tahun. Untuk mengetahui informasi tentang bagaimana  pendaftaran Adsense dapat pembaca lihat di artikel penulis yang lain. 
logo

Popular Posts