Sunday, May 27, 2018

Tips Whatsapp untuk Optimasi Kontak Toko Online

Whatsapp merupakan aplikasi populer yang umum digunakan pengguna internet saat tulisan ini ditulis. Berikut ini adalah beberapa fitur dan pengaturan yang menjadikan Whatsapp sebagai pilihan untuk kepentingan berkomunikasi, terutama bagi yang menggunakan Whatsapp sebagai alat komunikasi bisnis online, seperti untuk nomor kontak di toko onlinenya.

Text Decoration

Untuk memberikan kesan tulisan yang berbeda, pengguna dapat menambahkan dekorasi text, dengan tanda * untuk bold, _ untuk italic, dan ~ untuk strikethrough di awal dan di akhir kalimat. Contoh *HOT PROMO* Baterai Samsung, harga ~150.000~ 80.000. _syarat &#38 ketentuan berlaku_



Block Contact

Adakalanya sebagai nomor kontak untuk informasi lebih lanjut mengenai barang dagangan yang dijual, justru seringkali malah mendapat tawaran produk-produk lain, yang biasanya dilakukan oleh spammer. Untuk menghindari serangan semacam ini, Whatsapp memberikan 3 opsi pilihan untuk melaporkan nomor pengirim sebagai spammer, diblock, atau ditambahkan jika ternyata pengguna mengetahui pengirim. Pilihan ini akan diberikan Whatsapp secara otomatis, yaitu ketika pertama kali ditemui nomor yang belum tercatat sebagai nomor kontak yang tersimpan di device pengguna sebelumnya.

Sedangkan untuk melihat daftar kontak yang telah di block, dapat dilihat di menu Setting>Account>Privacy>Messaging section>Blocked contacts.



Quote

Seringkali karena terlalu cepatnya arus chat, baik chatting yang dilakukan personal atau secara group, terdapat pertanyaan-pertanyaan yang berbeda yang belum sempat terjawab. Fitur quote merupakan salah satu solusi untuk mengarahkan jawaban atas pertanyaan yang terlontar secara terstruktur dan acak. Fitur ini sangat membantu, terutama untuk menegaskan jawaban terhadap suatu pertanyaan tertentu.




Advertisement



Stop Auto Downloading

Pengaturan ini digunakan untuk menyalakan/mematikan download otomatis file media yang dikirim oleh lawan chat. File media yang dimaksud dapat berupa gambar, photo, audio, video atau dokumen digital lainnya. Dengan memberikan tanda centang baik itu pada mode terkoneksi dengan mobile data, Wifi, atau ketika roaming, pengguna dapat melakukan penghematan konsumsi data, terutama bagi pengguna dengan budget konsumsi data yang terbatas.

Pengaturan ini dapat ditemukan di menu Setting>Data and storage usage>Media Auto-Download. Dan cocok untuk menghambat konsumsi data serangan kiriman video dalam suatu group.


Pengaturan ini tidak termasuk pesan suara (Voice Message), karena pesan suara akan selalu di download secara otomatis oleh Whatsapp.

Penghematan Whatsapp Call

Pengaturan untuk melakukan penghematan konsumsi data ketika menggunakan fitur Whatsapp call dan menggunakan mode koneksi mobile data.


Penulis curiga fitur ini adalah penyebab delay beberapa detik ketika penulis menggunakan fitur Call untuk melakukan panggilan suara dengan sesama pengguna Whatsapp. Namun belum dapat penulis buktikan, apakah karena kekuatan sinyal atau karena pengaturan penghematan ini.

Tersangka Penghabis Kuota

Pengguna Whatsapp dapat melihat siapakah lawan chat yang menjadi tersangka menghabiskan kuota berdasarkan file media yang mereka kirimkan ke pengguna. Keterangan ini dapat dilihat di menu Setting>Data and storage usage>Storage usage. Di mana selain melihat ruang penyimpanan yang terpakai, pengguna juga dapat melakukan pengaturan seperti membersihkan file media yang tersimpan berdasarkan kontak.


Pengawasan dan pembersihan file-file semacam ini sangat perlu kedisiplinan untuk dilakukan, karena terkait isu, Whatsapp seringkali crash akibat konsumsi memori yang berlebih.



Whatsapp di PC/Dekstop

Dengan menggunakan web browser, dengan pergi ke web.whatsapp.com atau api.whatsapp.com, dan memberikan hak akses kepada PC dengan mengaktifkan QR code melalui menu Whatsapp Web pada device Android atau iOS-nya, maka pengguna akan dapat mengakses chat baik mealui PC atau dekstop, sama seperti melalui device Android atau iOS-nya tersebut.



Selain itu, dengan Whatsapp versi web ini dapat digunakan untuk pertukaran file media, baik melalui PC ke Smartphone atau sebaliknya. Kemampuan pertukaran ini akan mempermudah untuk membuka file media yang tidak dapat dibuka melalui Smartphone, seperti file-file office docx, pptx dan lain sebagainya.

Dan untuk keperluan toko online, Whatsapp versi web ini dapat digunakan sebagai shortcut kontak ke penjual secara instant, seperti kegunaan tombol WA dibawah ini:




Advertisement



Whatsapp Status

Saat tulisan ini dibuat, pengguna dapat memajang 2 macam status, yaitu temporari status yang akan dihapus secara otomatis dalam kurun waktu 24 jam, dan static status yang akan berlaku selama keinginan pengguna. Bagi nomor kontak toko online, status statik mungkin dapat digunakan sebagai penanda keadaan toko seperti dalam keadaan istirahat, makan, sholat atau semacamnya. Sedangkan status static mungkin dapat digunakan sebagai penanda toko jika dalam kadaan libur atau sedang dalam kondisi tutup yang dalam jangka waktu cukup lama.


Request Account Info

Seperti Facebook dan Twitter, terdapat fitur untuk meminta backup informasi tentang pemilik accountnya sendiri. Permintaan ini perlu diminta dahulu dan akan membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga hari, dalam bentuk file ZIP. Informasi yang dapat digenerate meliputi informasi account, setting dan photo profile.


Namun untuk log pesan, tidak termasuk pada file ZIP di atas. Untuk backup pesan dapat dilakukan melalui menu Setting>Chats>Chat backup, yang mana backup dapat diunggah ke Google Drive.


Selain itu, chat juga dapat dikirim melalui email, sebagai tanda hasil percakapan melalui menu Email Chat yang terdapat pada Setting>Chats>Chat history atau pada sub menu masing-masing chat.


Two-step Verification

Salah satu yang dibutuhkan untuk meningkatkan keamanan, yaitu fitur two-step verification. Selain verifikasi nomor PIN yang dikirim melalui SMS kenomor SIM card. Pengguna Whatsapp disarankan untuk mengaktifkan verifikasi tingkat kedua yang berupa PIN password yang diinputkan oleh pengguna pribadi, dan alamat email untuk recovery jika PIN password terlupa.



Dengan mengaktifkan verifikasi tingkat kedua ini, akan sangat dimungkinkan untuk mencegah orang lain dapat login ke account, meskipun orang lain tersebut memiliki SIM card pengguna. Hal ini mungkin penting bagi pengguna Whatsapp di Indonesia, yang sering-sering ganti nomor. Karena ketika nomor yang telah mati diaktifkan kembali dengan dijual oleh pihak operator, nomor yang baru tidak akan dapat digunakan untuk mendaftar Whatsapp yang baru, sebelum pemilik yang lama menghapus account yang terkait dengan nomor yang bersangkutan, menggunakan nomor PIN password dan email yang terdaftar pada verifikasi tingkat kedua.


Advertisement



Pembaca Post pada Chat Group

Bagi yang mengirimkan pesan pada group, tentu akan diperlukan untuk mengetahui siapa sajakah anggota group yang telah membaca pesan.

Untuk mengetahui informasi ini dapat dilakukan dengan menyeleksi pesan yang pengguna kirimkan, pilih sub menu info. Maka akan dapat dilihat informasi siapa sajakah anggota group yang telah membaca pesan yang pengguna kirimkan.


Matikan Last Seen

Pengaturan ini mungkin akan sangat berguna bagi pengguna Whatsapp yang memiliki stalker. Dengan mematikan pengaturan info terakhir kali melihat Whatsapp, dan dengan mengatur ke pilihan Everyone, My Contact atau NoBody pada menu Setting>Account>Privacy, setidaknya pengguna Whatsapp akan dapat sedikit bersembunyi dari stalker, atau bahkan dari penagih hutang.


Live Location

Salah satu fitur sharing lokasi di Whatsapp, selain menggunakan pin Google maps location, juga dapat secara real-time menggunakan fitur live location. Cara mengaktifkan fitur ini setidaknya terdapat satu chat yang melakukan sharing lokasi, dan dapat dilihat juga melalui menu Setting>Account>Privacy>Live location. Fitur ini dapat dinyalakan atau dimatikan sesuai kebutuhan pengguna.



Mungkin untuk sebagian pengguna, hal ini berpengaruh terhadap resiko keamanan, namun fitur live location ini penting untuk pengawasan orang tua terhadap anaknya, atau dapat digunakan sebagai penunjuk tempat lokasi bagi toko online yang juga memiliki toko fisik.

logo

Popular Posts