Sunday, August 06, 2017

Algorithma Java Mencari KPK dan FPB

Iseng-iseng mengerjakan soal matematika KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar). Penulis ternyata tertantang membuat algorithma untuk membuat kode program untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Tantangan ini muncul karena ternyata implementasi algorithma tidak semudah yang dirasakan penulis, sebagaimana semudah mengajari secara langsung.

Algorithma kedua problem matematika tersebut hampir sama, pertama keduanya masing-masing membutuhkan deteksi bilangan prima, yang menjadi factor pengali. Dan kedua masing-masing membutuhkan deteksi macam-macam nilai factor masing-masing nilai angka yang dicari, di mana untuk KPK adalah hasil perkalian macam semua macam nilai factor yang muncul dan diambil pangkat terbesar. Sedangkan untuk FPB adalah hasil perkalian semua macam nilai faktor yang sama dan diambil nilai faktor yang terkecil.

Karena contoh implementasi dalam algorithmanya cukup panjang, di sini penulis menunjukkannya berupa video tutorial yang berdurasi kurang lebih 30 menit berikut:


Dalam video tersebut penulis mencoba mencontohkan bagaimana menerapkan algorithma mencari KPK dan FPB dengan bahasa pemrograman Java, dengan compiler NetBeans. Mulai dari algorithma mencari bilangan prima, mencari nilai-nilai faktor, berikut nilai pangkatnya, pemilihan nilai-nilai faktor sesuai syarat kebutuhan menghitung KPK dan FPB, serta bagaimana melakukan perkalian untuk mencari hasil akhirnya.

Penulis tidak menyertakan kode program secara langsung, karena penulis menganggap kode program bisa didapatkan dengan mengikuti step-step dalam video.

logo

Popular Posts