Algorithma Java Mencari KPK dan FPB

Iseng-iseng mengerjakan soal matematika KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar). Penulis ternyata tertantang membuat algorithma untuk membuat kode program untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Tantangan ini muncul karena ternyata implementasi algorithma tidak semudah yang dirasakan penulis, sebagaimana semudah mengajari secara langsung.

Algorithma yang penulis buat, penulis wujudkan dalam bentuk aplikasi Android LCM and HCF, yang dapat di download pada link gambar dibawah ini:


Algorithma kedua problem matematika tersebut hampir sama, pertama keduanya masing-masing membutuhkan deteksi bilangan prima, yang menjadi factor pengali. Dan kedua masing-masing membutuhkan deteksi macam-macam nilai factor masing-masing nilai angka yang dicari, di mana untuk KPK adalah hasil perkalian macam semua macam nilai factor yang muncul dan diambil pangkat terbesar. Sedangkan untuk FPB adalah hasil perkalian semua macam nilai faktor yang sama dan diambil nilai faktor yang terkecil.

Karena contoh implementasi dalam algorithmanya cukup panjang, di sini penulis menunjukkannya berupa video tutorial yang berdurasi kurang lebih 30 menit berikut:


Dalam video tersebut penulis mencoba mencontohkan bagaimana menerapkan algorithma mencari KPK dan FPB dengan bahasa pemrograman Java, dengan compiler NetBeans. Mulai dari algorithma mencari bilangan prima, mencari nilai-nilai faktor, berikut nilai pangkatnya, pemilihan nilai-nilai faktor sesuai syarat kebutuhan menghitung KPK dan FPB, serta bagaimana melakukan perkalian untuk mencari hasil akhirnya.

Penulis tidak menyertakan kode program secara langsung, karena penulis menganggap kode program bisa didapatkan dengan mengikuti step-step dalam video.

Untuk algorithma yang penulis dengan Javascrip dapat dilihat dalam tulisan di lnk di bawah ini:
Selain itu, penulis juga mempunyai aplikasi Android untuk menggenerate pohon factor, untuk membantu visualisasi penurunan ke factor-factor prima suatu angka, yang dapat di download di sini.

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Genetics Algorithm Method with Progressive Error Prediction

Algorithma Perhitungan Weton Jodoh dengan Javascript

Kumpulan Source Code Greenfoot

Cara Menentukan Arah Kiblat Menggunakan Google Maps

Kode Greenfoot Game Flappy Bird

Jasa Konversi Aplikasi Greenfoot ke Android

Ijazah lebih Penting Dibanding Skill

Cara Membuat Halaman HTML Sederhana

Donasi Pertama dari Upload Karya di Pixabay