Perbedaan Genetic Algorithm dan Swarm Intelligence

Berikut ini adalah perbedaan yang penulis ketahui mengenai metode Genetic Algorithm dan Swarm Intelligence. Pada awalnya, penulis mengira metode Swarm Intelligence adalah pengembangan dari Genetic Algorithm. Karena beberapa langkah dalam Genetic Algorithm memiliki kesamaan di dalamnya.


Secara konsep (berdasarkan pemahaman penulis), Genetic Algorithm adalah mengambil keputusan berdasarkan hasil dari individu terbaik dalam suatu populasi dari system yang ingin diketahui solusinya. Sedangkan Swarm Intelligence adalah keputusan terbaik diambil dari kerja serangkaian individu, untuk mencari keputusan terbaik dalam system tersebut.  Oleh karena itu, kedua metode ini sebenarnya sama, namun berbeda secara implementasi.

Perbedaan berdasarkan implementasi yang pernah dilakukan penulis adalah pada metode Genetic Algorithm terdapat nilai yang disebut sebagai nilai factor. Individu terbaik diukur berdasarkan nilai factor yang dimilikinya. Semaikin baik nilai factor tersebut, individu yang bersangkutan akan dipilih menjadi nominator individu pengambil keputusan pada iterasi selanjutnya. Di mana jumlah nominator yang diambil, tergantung pada awal inisialisasi. Sedangkan pada Swarm Intelligence, Algorithma yang penulis implementasikan adalah selayaknya terdapat beberapa individu yang masing-masing mencari nilai terbaik, kemudian individu yang terbaik tersebut mengarahkan individu yang lain untuk mengarah kenilai yang dihasilkannya pada iterasi selanjutnya. Kemudian jika pada iterasi selanjutnya tersebut ternyata individu yang lain menemukan nilai yang lebih baik, maka individu tersebut yang mengarah ke nilai terbaik yang dihasilkan individu lainnya itu.

Penulis mencoba mengimplementasikan kedua algorithma sesuai dengan konsep di atas, dengan bahasa pemrograman Java. Dari hasil percobaan diketahui, pengambilan nilai factor pada Genetic Algorithm menambah  satu step iterasi dibanding pada Swarm Intelligence. Sehingga secara perhitungan metode Swarm Intelligence lebih cepat dan penulis lebih menyukai metode Swarm Intelligence dibanding Genetic Algorithm. Contoh implementasi Swarm Intelligence sederhana yang dilakukan penulis, yaitu keputusan terbaik diambil dari nilai terbaik dari yang ditemukan oleh salah satu individu dapat dilihat dalam video saya berikut:


Demikian ulasan singkat saya menengenai perbedaan Genetic Algorithm dan Swarm Intelligence yang penulis ketahui. Semoga bermanfaat.

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Source Code Greenfoot

Algorithma Java Mencari KPK dan FPB

Algorithma Perhitungan Weton Jodoh dengan Javascript

Genetics Algorithm Method with Progressive Error Prediction

Honeycomb Style Wallpaper dengan HTML5 Canvas

Kode Greenfoot Game Flappy Bird

Perbedaan Algorithma Perkalian Matrix dengan C++ dan Java

Jasa Konversi Aplikasi Greenfoot ke Android

Kode Greenfoot Game Snake Sederhana

Cara Menentukan Arah Kiblat Menggunakan Google Maps