Tidak ada Salahnya Belajar Bahasa Pemrograman


Bahasa pemrograman mungkin akan terdengar sulit dan kebanyakan orang akan menganggap tidak berguna. Namun sebenarnya pengetahuan mengenai pemrograman, menurut penulis sangatlah penting meskipun hanya pengetahuan dasarnya saja. Terutama bagi mereka yang pandai matematika, tapi malas untuk menghitung secara manual. Membuat program merupakan alternatif jitu, untuk menyalurkan ide dan menyelesaikan solusi dari problem-problem matematika yang dihadapinya.

Sebenarnya, kegunaan dari bahasa pemrograman adalah untuk membuat software. Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan programmer untuk memberikan perintah kepada komputer, termasuk untuk memasukkan perintah-perintah dalam pembuatan robot. Bahasa ini tidak satu macam saja, namun sekarang ini sudah terdapat bermacam-macam bahasa pemrograman, tergantung pada kebutuhan dan tingkat perhitungan yang ingin dilakukan oleh programmer. Misalnya, jika diinginkan tampilan hasil perhitungan atau processing data yang cantik dan menarik, maka akan diperlukan bahasa pemrograman yang telah menyediakan fitur Graphic User Interface (GUI) yang bagus. Tetapi jika hanya diperlukan tampilan yang sederhana, namun membutuhkan perhitungan yang tinggi dan real-time, maka akan diperlukan bahasa pemrograman dengan kemampuan alokasi memori perhitungan yang tinggi.

Belajar bahasa pemrograman sebenarnya tidak identik dengan menghafal. Programmer tidak perlu menghafal semua perintah untuk tahu dan mengerti bahasa pemrograman. Yang diperlukan adalah logika pemrograman, yaitu pengetahuan bagaimana cara menempatkan perintah-perintah atau algorithma perhitungan agar dapat diproses secara benar. Umumnya, jika seseorang telah mengerti satu saja bahasa pemrograman, dan telah mengerti bagaimana menempatkan logika perintah-perintahnya. Maka orang tersebut akan sangat mudah sekali mengerti jika diharuskan berganti ke bahasa pemrograman lainnya. Terutama bagi mereka yang awalnya berangkat dengan belajar menggunakan bahasa pemrograman yang dasar, seperti Assembly, Pascal, C, C++, C#, Java dan lain sebagainya. Sehingga dalam bahasa pemrograman, kemampuan menghafal sebenarnya tidak begitu penting, karena jika sering melakukan menulis program, lama-lama akan hafal sendiri.

Kemudian membuat software juga tidak harus menampilkan seuatu yang terdapat kotak text, input isian, button dan tampilan lainnya. Bahkan bagi programmer yang lebih berorientasi pada hasil kalkulasi, programmer tidak akan membutuhkan tampilan-tampilan yang tidak diperlukan itu, dengan output berupa tampilan listing angka saja. Hal ini karena tampilan-tampilan tersebut dapat memakan memori komputer dan malah dapat mengurangi kinerja perhitungan, sehingga perhitungan menjadi lebih lama. Selain itu pemilihan bahasa pemrograman juga diperlukan, karena semakin bahasa pemrograman tersebut seperti bahasa manusia, bahasa pemrograman tersebut biasanya lebih tinggi konsumsi memorinya, dan menurunkan kinerja perhitungan.

Oleh karena itu, belajar bahasa pemrograman menurut penulis tidak ada salahnya. Ketika tulisan ini ditulis, penulis membuat program tidak berorientasi pada tampilan, namun lebih ke hasil perhitungannya saja. Dan penulis menggunakan bahasa pemrograman ini terutama untuk menyelesaikan problem-problem matematika, yang umumnya membutuhkan waktu jika dilakukan perhitungan secara manual. Untuk mengetahui contoh-contoh penggunaan bahasa pemrograman yang dilakukan penulis, untuk menyelesaikan problem matematika dapat dilihat di sini.

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Source Code Greenfoot

Algorithma Java Mencari KPK dan FPB

Algorithma Coretan Abstrak dengan HTML5 Canvas

Kode Greenfoot Game Snake Sederhana

Cara Membuat Halaman HTML Sederhana

Algorithma Perhitungan Weton Jodoh dengan Javascript

Menambahkan reCAPTCHA v2 pada Login Form

Algorithma Collision Detection Sederhana

Algoritma Tombol Putar dengan Greenfoot

Honeycomb Style Wallpaper dengan HTML5 Canvas