Belajar Identifikasi Asam Basa Larutan dengan Aplikasi Android

Menentukan asam basa larutan, biasanya dilakukan di Laboratorium kimia adalah dengan menggunakan kertas lakmus merah dan biru, atau dengan menggunakan kertas pH paper.

Penentuan asam basa larutan dengan kertas lakmus merah dan biru, mengikuti konsep bahwa ketika kedua macam kertas tersebut dicelupkan ke dalam larutan, jika larutan dapat membirukan kertas lakmus merah, maka larutan tersebut berdifat basa, sebaliknya jika larutan dapat memerahkan kertas lakmus biru, maka larutan bersifat asam. Dan jika larutan tidak dapat membirukan atau memerahkan kedua macam kertas tersebut, maka larutan bersifat netral.

Litmus Paper game adalah aplikasi android sederhana yang mensimulasikan bagaimana cara menentuakan asam ataukah basa dari suatu larutan berdasarkan perubahan warna kertas lakmus merah dan kertas lakmus biru. Game ini dibuat sesederhana mungkin, dan mengharuskan pemain untuk menebak keasaman atau basa dari larutan disetiap screennya, yaitu dengan mencelupkan kertas lakmus merah dan biru yang sudah tersedia. Jika jawaban pemain benar, maka akan mendapatkan 2 point namun jika salah, pemain hanya mendapatkan 1, atau bahkan 0 point.

Berikut Screenshot dari  aplikasi Litmus Paper:



Aplikasi ini dapat anda download dengan gratis di link dibawah ini:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.priantos.litmuspaper


Pengembangan dari aplikasi Litmus Paper, dikembangkan kembali menjadi aplikasi game pH Paper yang mempunyai tujuan sama, yaitu menentukan asam ataukah basa dari suatu larutan. Dimana perbedaannya adalah dalam game ini pemain bukan menentukan asam ataukah basa, namun mencari nilai pH yang terdeteksi dari perubahan kertas pH. Secara konsep, larutan bersifat asam jika mempunyai pH lebih kecil dari 7, dan larutan bersifat basa jika mempunyai nilai pH di atas 7.Dan jika larutan mempunyai nilai pH sama dengan 7, maka larutan berdifat netral.

Berikut Screenshot dari  aplikasi pH Paper:


Aplikasi pH Paper dapat anda download dengan gratis di link dibawah ini:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.priantos.phpaper

Selamat mencoba

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Source Code Greenfoot

Game TicTacToe dengan Greenfoot

Algorithma Coretan Abstrak dengan HTML5 Canvas

Cara Membuat Halaman HTML Sederhana

Kode Greenfoot Game Snake Sederhana

Algoritma Tombol Putar dengan Greenfoot

Melihat Alamat Berbentuk QR Code di Undangan Pernikahan

Honeycomb Style Wallpaper dengan HTML5 Canvas

Tips Agar Website Anda Segera di Terima oleh Google Adsense dan di-Monetize

Modifikasi Obyek 3D Hellosceneform dengan MeshLab