Bagaimana Memulai Belajar Bahasa Pemrograman

Beberapa orang yang ingin belajar bahasa pemrograman, biasanya mereka bingung dan berpikir harus memulai dari mana. Bahkan seringkali, meskipun mereka sudah memulainya dan sudah separuh jalan, terkadang terdapat suatu ganjalan yang mengakibatkan bahasa pemrograman yang terlanjur dipelajari, ternyata tidak disupport atau terkendala device. Dalam tulisan ini, penulis mencoba berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara yang tepat bagi pemula yang ingin memulai untuk belajar bahasa pemrograman.

Pilihan Bahasa

Bahasa pemrograman sebenarnya banyak sekali, seperti Pascal, Python, Matlab, Java, Javascript, PHP, MySql, HTML, HTML5 dan lain sebagainya. Bahasa-bahasa tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada tujuan pemakaian dan orientasi pembuatan program itu sendiri. Jika kebutuhan belajar bahasa pemrograman berorientasi penggunaan jangka panjang dan untuk meningkatkan skill pribadi, bahasa pemrograman yang dipilih, sebaiknya yang menggunakan penulisan kode program dasar, bukan yang sudah dimudahkan dengan rangkaian library yang disediakan compiler. Bahasa pemrograman yang penulisan script-nya masih mendasar dan cocok digunakan pemula adalah seperti Pascal, Java, C, dan C++.

Pelajari Logika

Yang dipelajari dalam bahasa pemrograman, yang terpenting adalah belajar bagaimana mengimplementasikan logika. Dengan berorientasi untuk belajar logika dan dengan menggunakan bahasa pemrograman yang dasar, kemampuan menulis bahasa pemrograman akan lebih cepat. Dan jika programmer diharuskan pindah ke bahasa lain, akan lebih cepat jika sudah mengerti logika pemrograman. Karena apapun bahasa pemrogramannya, alur logika penulisan kodenya tetap sama, yang berbeda adalah cara penulisannya.

Kemudian bagaimana logika dengan bahasa pemrograman yang sudah dimudahkan dengan library-library-nya? Untuk bahasa pemrograman semacam itu logika tetap sama, namun jika berorientasi untuk testing algorithma atau untuk keperluan jangka pendek, penggunaan bahasa pemrograman seperti Matlab, mungkin dapat menjadi pilihan. Tetapi jika untuk berlatih logika pemrograman, mungkin sebaiknya jangan digunakan dulu.

advertisement

Pelajari IO

Arah yang paling cepat bahasa pemrograman, adalah mempelajari perintah-perintah input dan output. Input adalah bagaimana cara memasukkan variable-variable yang dibutuhkan dalam pemrograman, meliputi bagaimana cara memasukkan variabel berupa bilangan integer, double, float atau variable huruf. Sedangkan output adalah bagaimana bahasa pemrograman dapat menampilkan hasil dari suatu proses tertentu sesuai type variable yang akan ditampilkan. Jika kedua ini telah dikuasi, belajar bahasa pemrograman selanjutnya akan lebih mudah dan cepat.

Selain IO diatas, yang perlu dipelajari selanjutnya adalah mengenai looping atau iterasi. Yaitu cukup pada penggunaan iterasi while dan for saja Jika programmer telah mengerti bagaimana melakukan iterasi dengan kedua perintah tersebut akan sangat mudah belajar pada langkah selanjutnya.

Orientasi Project

Untuk belajar lebih cepat lagi, arahkan belajar bahasa pemrograman untuk mengerjakan suatu project tertentu. Project tidak harus suatu project program yang komplek, melainkan project-project kecil seperti mencari bilangan prima, membuat game sederhana, atau sekedar melakukan perhitungan numerik. Sehingga dengan adanya tujuan, programmer akan lebih cepat dalam memahami logika pemrograman.

Jangan Dihafal

Dan salah satu hal yang terpenting dalam belajar bahasa pemrograman adalah jangan dihafal. Semua bahasa pemrograman masing-masing memiliki puluhan perintah-perintah yang sebenarnya tidak perlu dihafal. Jika diharuskan untuk menghafal, waktu programmer akan habis sendiri dan percuma. Padahal jika sering melakukan penulisan script, sebenarnya lambat laun programmer akan hafal dengan sendirinya, tanpa harus berniat untuk menghafal. 

Demikian tips-tips yang dapat disampaikan oleh penulis kepada programmer pemula. Penulis sebenarnya bukanlah ahli dalam salah satu bahasa pemrograman tertentu, namun penulis setidaknya telah belajar berbagai bahasa pemrograman dan dapat membuat game sebagaimana yang dapat dilihat di http://edugameapp.blogspot.com.

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Source Code Greenfoot

Algorithma Java Mencari KPK dan FPB

Algorithma Coretan Abstrak dengan HTML5 Canvas

Kode Greenfoot Game Snake Sederhana

Cara Membuat Halaman HTML Sederhana

Algorithma Perhitungan Weton Jodoh dengan Javascript

Menambahkan reCAPTCHA v2 pada Login Form

Algorithma Collision Detection Sederhana

Algoritma Tombol Putar dengan Greenfoot

Honeycomb Style Wallpaper dengan HTML5 Canvas