Menambahkan Konfirmasi Email di Google Form

Suatu hari penulis membantu dosen penulis menyiapkan form registrasi Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Dan ternyata kebutuhannya adalah ketika seorang pendaftar melakukan registrasi dengan input data, dibutuhkan konfirmasi email yang terkirim secara otomatis.

Setelah berselancar di internet, penulis menemukan salah satu caranya adalah dengan menggunakan Google Sheets dan Script.

Caranya penulis tunjukkan dalam video di bawah ini:



Sedangkan Google Script yang penulis gunakan dalam video di atas, dapat di download dilink di bawah ini:

https://drive.google.com/file/d/1elg78BQFaKlhq9e0UuGmHhY0NS3BtfEp/view?usp=sharing

Referensi:
  • aniav. 2015. send_email.gs. https://gist.github.com/aniav/926f4667911ba1d138b8. Diakses tanggal 17 Juni 2020.

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Apps Script untuk Cetak Sertifikat

Jasa Penjadwalan Semester, UTS dan UAS Perguruan Tinggi menggunakan Google Sheet

Peringatan: Aksi Penipuan Skimming Melalui Aplikasi Android M-Pajak

Checking Data yang Belum Dimasukkan dalam Daftar Menggunakan Query Google Sheet

Menambahkan Random Key sebagai ID Pembeda di Google Sheet dengan Apps Script

Menyikapi Ucapan AI Pejabat

Generate Karakter Acak dan Menempatkannya di Sel Google Sheets dengan Apps Script

Menyembunyikan Failed Load Images di Blogger

Kebodohan Karyawan Menyalahkan Sistem