Honeycomb Style Wallpaper dengan HTML5 Canvas


Bentuk hexagon merupakan bentuk yang menarik dan identik dengan bentuk sarang lebah madu (Honeycomb).

Gambar di atas adalah gambar hasil generate bentuk hexagon, yang disusun sesuai urutan, dengan lebar dan jarak tertentu, menggunakan HTML5 Canvas.

Dengan menambahkan efek warna gradient hijau pada background dan shadow pada masing-masing bentuk hexagonnya, dapat menambahkan efek futuristik dan elegan sebagai wallpaper dekstop, smartphone, tablet atau semacamnya.

Berikut kode HTML5 Canvasnya:
<html> 
<head> 
<title>Honeycomb Shape</title> 
</head> 
<body> 
<canvas id="myCanvas" width="1024" height="768"> 
</canvas> 
<script> 
 
var canvas = document.getElementById("myCanvas"); 
var points=[]; 
 
var ctx = canvas.getContext("2d"); 
var grd = ctx.createRadialGradient(0.5*canvas.width,0.5*canvas.height,0,0.5*canvas.width,0.5*canvas.height,360); 
grd.addColorStop(0, "#9dfc03"); 
grd.addColorStop(1, "black"); 
 
// Fill with gradient 
ctx.fillStyle = grd; 
ctx.fillRect(0,0,canvas.width,canvas.height); 
 
var lebarx=50,lebary=40,padding=8; 
var dx=0,dy=0,num=0; 
 
function Menggambar() 
{ 
 var n=10; 
 var m=30; 
 var ax=num%n; 
 var ay=Math.floor(num/m)%m; 
 var bx=0; 
 var by=0; 
 if(ay%2==1){ 
  bx=1.5*lebarx+padding; 
 } 
 dx=-(3*lebarx+2*padding)+bx+ax*(3*lebarx+2*padding); 
 dy=-3*lebary+by+ay*lebary+(ay-1)*0.5*padding; 

 ctx.save(); 

 points[0]=0.5*lebarx; 
 points[1]=0; 

 points[2]=1.5*lebarx; 
 points[3]=0; 

 points[4]=2*lebarx; 
 points[5]=lebary; 

 points[6]=1.5*lebarx; 
 points[7]=2*lebary; 

 points[8]=0.5*lebarx; 
 points[9]=2*lebary; 

 points[10]=0; 
 points[11]=lebary; 

 ctx.translate(dx,dy); 
 ctx.fillStyle="#263238"; 
 ctx.beginPath(); 
 ctx.shadowColor = "black"; 
 ctx.shadowBlur = 5; 
 ctx.shadowOffsetX = 2; 
 ctx.shadowOffsetY = 2; 
 ctx.moveTo(points[0],points[1]); 
 ctx.lineTo(points[2],points[3]); 
 ctx.lineTo(points[4],points[5]); 
 ctx.lineTo(points[6],points[7]); 
 ctx.lineTo(points[8],points[9]); 
 ctx.lineTo(points[10],points[11]); 
 ctx.lineTo(points[0],points[1]); 
 ctx.fill(); 
 ctx.restore(); 

 num++; 
 if(num<700)window.requestAnimationFrame(Menggambar); 
} 
 
Menggambar(); 
</script> 
</body> 
</html> 

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Source Code Greenfoot

Game TicTacToe dengan Greenfoot

Algorithma Coretan Abstrak dengan HTML5 Canvas

Cara Membuat Halaman HTML Sederhana

Kode Greenfoot Game Snake Sederhana

Melihat Alamat Berbentuk QR Code di Undangan Pernikahan

Algoritma Tombol Putar dengan Greenfoot

Tips Agar Website Anda Segera di Terima oleh Google Adsense dan di-Monetize

Modifikasi Obyek 3D Hellosceneform dengan MeshLab