Biaya 50 Ribu untuk Pengecekan Sertifikat Tanah

Ilustrasi Sertifikat Tanah

Penulis sedikit dibingungkan dengan informasi tentang biaya pengecekan keaslian sertifikat tanah.

Berdasarkan jawaban beberapa notaris yang penulis temui, biaya pengecekan sertifikat tanah ke BPN, ada yang 500 ribu, 300 ribu, dan 250 ribu untuk yang sampai berstempel resmi. Dan ada yang cuma 100 ribu saja untuk yang hanya "mengintip" saja.

Mengintip yang dimaksudkan disini adalah melihat keaslian sertifikat melalui orang dalam, tanpa sertifikatnya mendapat stempel resmi.

Sedangkan dari informasi yang beredar di internet, ada yang mengatakan cuma 50 ribu dan ada yang 100 ribu per sertifikat.

Alasan kenapa penulis ingin mengecek keaslian sertifikat, adalah untuk keperluan balik nama dan karena dalam sertifikat tersebut, nama yang tertera adalah nama si pemilik sertifikat asli. Sedangkan saat tulisan ini ditulis, pemilik asli tersebut sudah meninggal.

Oleh karena itu pada Kamis, 8 Agustus 2019, penulis langsung mendatangi kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kediri, hanya untuk bertanya berapakah sebenarnya biaya pengecekan sertifikat.

Dan menurut salah satu pegawainya, untuk pihak BPN sendiri menarik biaya administrasi 50 ribu rupiah dan dengan membeli berkas pengajuan cek sertifikat di koperasi BPN senilai 5000 rupiah.


Dimungkinkan biaya kelebihan 50 ribu rupiah itu adalah biaya untuk pihak notaris sendiri.

Sehingga selanjutnya, penulis akan mencoba melakukan pengecekan dan pembuktian sendiri, sesuai prosedur yang tertera pada berkas pengajuan di atas. Baik itu melalui kelurahan, kecamatan atau jika tidak bisa, melalui notaris yang menurut penulis paling jujur.

Dan hasilnya, jika Allah berkehendak, penulis akan mempostingnya dalam blog ini pada artikel selanjutnya.

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Source Code Greenfoot

Algorithma Coretan Abstrak dengan HTML5 Canvas

Game TicTacToe dengan Greenfoot

Cara Membuat Halaman HTML Sederhana

Kode Greenfoot Game Snake Sederhana

Honeycomb Style Wallpaper dengan HTML5 Canvas

Ganti Kartu ATM BNI yang Rusak

Tips Agar Website Anda Segera di Terima oleh Google Adsense dan di-Monetize

Selamatan Latar Glundengan Bubuk Banyuwangi

Menggunakan JSON di Netbeans 8.2