Animasi Lingkaran Abstrak Futuristik dengan HTML5 Canvas


Salah satu fungsi menggambar yang menarik bagi penulis di HTML5 Canvas, adalah fungsi arc.

Fungsi arc dipergunakan untuk membuat gambar lingkaran.

Dengan menggambarnya dalam bentuk stroke, dan menggunakan setting lebar garis (lineWidth) yang berbeda-beda setiap lingkarannya akan di dapat gambar seperti di atas.

Sedangkan dengan animasinya diorientasikan pada dua hal, yaitu rotasi dan panjang dari arc.

Animasi rotasi dilakukan tiap frame, dengan arah sesuai nilai a di setiap lingkarannya, dan diperbaharui minimal tiap 50 frame.

Kemudian dalam tiap 50 frame itu juga, diperbaharui nilai panjang arc, jika panjang lebih kecil dari panjang lingkaran yang terbaru, maka panjang akan ditambah. Sebaliknya, jika panjang lebih besar, maka akan dikurangi.

Untuk melihat hasil animasinya dapat dilihat pada video dengan link di sini.

Kode berikut ini adalah kode HTML5 Canvas, generate animasi di atas:
<html> 
<head> 
<title>Circles Animation</title> 
</head> 
<body> 
<canvas id="myCanvas" width="1024" height="768"> 
</canvas> 
<script> 
 
var canvas = document.getElementById("myCanvas"); 
var jeda=50; 
 
class Lingkaran 
{ 
 constructor(x,y,rot) 
 { 
  this.x=x; 
  this.y=y; 
  this.rot=rot; 
  this.vec=0; 
  this.a=-10+20*Math.random(); 
  this.r=50+200*Math.random(); 
  this.lineWidth=Math.floor(2+150.0*Math.random()); 
  if(0.5*this.lineWidth>this.r)this.lineWidth=this.r; 
  this.panjang=Math.floor(10+260.0*Math.random()); 
  this.panjango=this.panjang; 
  this.jeda=jeda; 
 } 

 move() 
 { 
  this.vec+=this.a; 
  var bts=1; 
  if(this.vec<-bts)this.vec=-bts; 
  if(this.vec>bts)this.vec=bts; 
  if(this.panjango>this.panjang)this.panjango--; 
  if(this.panjango<this.panjang)this.panjango++; 
  this.rot+=this.vec; 
  this.jeda--; 
  if(this.jeda<=0)this.jeda=jeda+Math.floor(100.0*Math.random()); 
  if(this.jeda==1){ 
   this.a=-1+2.0*Math.random(); 
   this.panjang=Math.floor(5+155.0*Math.random()); 
  } 
 } 
} 
 
circle=[]; 
 
for(i=0;i<10;i++)circle[i]=new Lingkaran(0.5*canvas.width,0.5*canvas.height,-180+360.0*Math.random()); 
 
function Menggambar() 
{ 
 var ctx = canvas.getContext("2d"); 
 ctx.globalAlpha=1.0; 
 ctx.fillStyle = "#01579b"; 
 ctx.fillRect(0,0,canvas.width,canvas.height); 

 ctx.strokeStyle = "#03a9f4"; 
 ctx.lineWidth=10; 
 ctx.beginPath(); 
 ctx.arc(0.5*canvas.width,0.5*canvas.height,15,0,2*Math.PI); 
 ctx.stroke(); 
 ctx.closePath(); 

 ctx.lineWidth=4; 
 ctx.beginPath(); 
 ctx.arc(0.5*canvas.width,0.5*canvas.height,200,0,2*Math.PI); 
 ctx.stroke(); 
 ctx.closePath(); 

 ctx.lineWidth=4; 
 ctx.beginPath(); 
 ctx.arc(0.5*canvas.width,0.5*canvas.height,300,0,2*Math.PI); 
 ctx.stroke(); 
 ctx.closePath(); 
 
 for(i=0;i<circle.length;i++){ 
  circle[i].move(); 

  ctx.save(); 
  ctx.translate(circle[i].x,circle[i].y); 
  ctx.rotate(circle[i].rot* Math.PI / 180); 
  ctx.strokeStyle = "#01DCFC"; 
  ctx.globalAlpha=0.8; 
  ctx.lineWidth=circle[i].lineWidth; 
  ctx.beginPath(); 
  ctx.arc(0,0,circle[i].r,0,circle[i].panjango*Math.PI/180); 
  ctx.stroke(); 
  ctx.closePath(); 
  ctx.restore(); 
 } 
 window.requestAnimationFrame(Menggambar); 
} 
 
Menggambar(); 
</script> 
</body> 
</html> 

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Menampilkan Undetermined Circle Progressbar di Java

Genetics Algorithm Method with Progressive Error Prediction

Apps Script untuk Cetak Sertifikat

Kode Java Membandingkan Dua File

Algorithma FPB dan KPK dengan Javascript

Peringatan: Aksi Penipuan Skimming Melalui Aplikasi Android M-Pajak

Menghapus Baris di Google Sheets yang Memiliki Sel Kosong dengan Apps Script

Tutorial Upload File ke Google Drive dari Website

Eliminasi Gauss-Jordan untuk Invers Matrix dengan Java

Game TicTacToe dengan Greenfoot