Algorithma Starfield dengan HTML5 Canvas


Di bawah ini adalah kode animasi starfield dengan menggunakan 800 titik.

Idenya sederhana, mendeteksi posisi mouse sebagai titik tengah arah gerak, titik disebar secara random pada luasan canvas, dan digerakkan menjauhi titik tengah dengan kecepatan tertentu.

Titik tidak disebar begitu saja, tetapi secara kontinyu ditambahkan ke canvas tiap lima frame.

Selain itu, titik tidak digambarkan berupa titik, namun berupa garis, dengan lebar garis yang ukurannya bertambah 0.02 tiap framenya.

<html> 
<head> 
<title>Starfield</title> 
</head> 
<body> 
<canvas id="myCanvas" width="1024" height="500"> 
</canvas> 
<script> 
 
var canvas = document.getElementById("myCanvas"); 
 
var points=[]; 
var n=0; 
var pox=0.5*canvas.width; 
var poy=0.5*canvas.height; 
var Ro=Math.sqrt(pox*pox+poy*poy); 
var mousePos={x:pox,y:poy}; 
 
function getMousePos(canvas, evt){ 
 var rect = canvas.getBoundingClientRect(); 
 return { 
  x: evt.clientX - rect.left, 
  y: evt.clientY - rect.top 
 }; 
} 
 
canvas.addEventListener('mousemove', function(evt) { 
 mousePos = getMousePos(canvas, evt); 
}, false); 

 
function Menggambar() 
{ 
 var ctx = canvas.getContext("2d"); 
 ctx.fillStyle = "black"; 
 ctx.fillRect(0, 0, canvas.width, canvas.height); 

 pox=mousePos.x; 
 poy=mousePos.y; 

 if(n<=0 && points.length<4*200){ 
  points[points.length]=-1000; 
  points[points.length]=-1000; 
  points[points.length]=0; 
  points[points.length]=0; 
  n=5; 
 }else n--; 

 for(i=0;i<points.length/4;i++){ 
  //points[4*i+2]+=0.1; 

  var rx=points[4*i+0]-pox; 
  var ry=points[4*i+1]-poy; 
  var r=Math.sqrt(rx*rx+ry*ry); 
  var ax=points[4*i+0]; 
  var ay=points[4*i+1]; 
  if(r<(2*Ro)){ 
   points[4*i+0]=pox+(r+points[4*i+3])*rx/r; 
   points[4*i+1]=poy+(r+points[4*i+3])*ry/r; 
   points[4*i+2]+=0.02; 
   points[4*i+3]+=0.3; 
  }else{ 
   points[4*i+0]=canvas.width*Math.random(); 
   points[4*i+1]=canvas.height*Math.random(); 
   ax=points[4*i+0]; 
   ay=points[4*i+1]; 
   points[4*i+2]=0; 
   points[4*i+3]=0; 
  } 

  ctx.beginPath(); 
  ctx.strokeStyle="white"; 
  ctx.lineWidth = points[4*i+2]; 
  ctx.moveTo(ax,ay); 
  ctx.lineTo(points[4*i+0],points[4*i+1]); 
  ctx.stroke(); 
  ctx.closePath(); 
 } 
 window.requestAnimationFrame(Menggambar); 
} 
 
Menggambar(); 
</script> 
</body> 
</html> 

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Apps Script untuk Cetak Sertifikat

Apps Script untuk Mengirimkan Notifikasi Approval

Peringatan: Aksi Penipuan Skimming Melalui Aplikasi Android M-Pajak

Kebodohan Karyawan Menyalahkan Sistem

Checking Data yang Belum Dimasukkan dalam Daftar Menggunakan Query Google Sheet

Menyembunyikan Failed Load Images di Blogger

Generate Karakter Acak dan Menempatkannya di Sel Google Sheets dengan Apps Script

Kode Apps Script MailApp untuk Form Mengirimkan Email

Kumpulan Source Code Greenfoot

Algorithma Bilangan Prima dengan Javascript