Algoritma Tombol Putar dengan Greenfoot


Membuat tombol dengan perilaku diputar, sebagaimana tombol di volume radio jaman dahulu, tidaklah mudah.

Hal ini dikarenakan ada perhitungan batasan yang dihitung oleh fungsi Math.atan2, dengan range  sudut -180 sampai 180.

Padahal dalam suatu kondisi perhitungan, dapat menghasilkan arah perputaran yang keliru.

Misalnya tombol berada di sudut 160, kemudian akan diputar ke sudut 190. Dengan menggunakan konversi Math.atan2 akan menghasilkan arah perputaran minus. Karena dititik 190 dideteksi sudut -170.

Untuk solusi kondisi seperti di atas, dilakukan dengan menghitung selisih paling sedikit, perbedaan di range sudut -180 sampai 180, dengan 0 sampai 360.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada video tutorial berikut:


Kode Greenfoot contoh algorithma dapat di downlad di link dibawah ini:

https://drive.google.com/open?id=1m-pKkdAWA81X0rYD5ASFFoWQxT34D7Kk


Komentar



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Source Code Greenfoot

Algorithma Coretan Abstrak dengan HTML5 Canvas

Cara Membuat Halaman HTML Sederhana

Game TicTacToe dengan Greenfoot

Honeycomb Style Wallpaper dengan HTML5 Canvas

Kode Greenfoot Game Snake Sederhana

Ganti Kartu ATM BNI yang Rusak

Menggunakan JSON di Netbeans 8.2

Melihat Alamat Berbentuk QR Code di Undangan Pernikahan

Tips Agar Website Anda Segera di Terima oleh Google Adsense dan di-Monetize