Project Tempat Mengumpulkan Tugas Online

Dalam masa New Normal, banyak guru dengan cara mengajar dengan mengirimkan tugas, lalu meminta siswa mengirimkan balik hasil pekerjaannya melalui foto.

Meskipun saat sekarang ini telah banyak Cloud Service seperti Dropbox, Google Drive dan Office 365. Namun ternyata masih banyak siswa dan guru yang kerepotan, terutama masalah authentifikasi.

Karena ada dari siswa yang menggunakan email dari orang tuanya untuk login (padahal orang tuanya masih bekerja), atau menggunakan smartphone yang berkemampuan memori terbatas.

Dan dari sisi guru sendiri, masih banyak yang menggunakan media chatting seperti Whatsapp untuk mengumpulkan tugas yang berupa file, yang dapat membuat memori smartphone mereka penuh.

Dan itu adalah masalah umum bagi sekolah di pedesaan.

Oleh karena itu, bersama seorang teman yang berprofesi guru sekolah swasta di Kediri, penulis berinisiatif membuat tempat pengumpulan online yang tidak membutuhkan authentifikasi atau login.

Memang beresiko adanya serangan spam, namun bagaimana lagi, dengan keadaan sekolah yang seperti penulis sebutkan di atas.

Sehingga, siswa bisa langsung upload dengan menyertakan nama dan nomor absennya saja.

Media online itu adalah Nganvas.com, yaitu sebuah website yang dapat digunakan untuk pengumpulan tugas siswa yang tidak perlu login.

Siswa dapat langsung upload tugas mereka melalui halaman web, seperti form yang ditunjukkan di link di bawah ini:

Nganvas.com akan membantu mengorganisir file-file siswa yang dikirimkan untuk guru.

Tampilannya yang sederhana, selain karena masih dalam tahap percobaan, dimaksudkan agar guru dapat langsung memahami cara menggunakannya.

Kemudian apakah ini berbayar?

Untuk mewujudkan fasilitas ini, bersama teman penulis, tentu kami membutuhkan hosting yang berbayar tiap tahunnya. Yang mana sementara ini kami biayai dengan modal kami sendiri dan dengan kapasitas memori yang masih terbatas.

Namun kami berpikir, jika media ini dapat dikembangkan menjadi lebih besar, dengan cara mengumpulkan biaya sewa dan maintenance secara bergotong-royong.

Artinya jika ada guru yang turut ikut serta, merasa senang dan terbantu dengan fasilitas Nganvas.com, dapat ikut membantu dengan membayar seikhlasnya saja.

Misalnya hanya dengan Rp. 10.000,-

Dengan membayar dengan 10 ribu rupiah pun, kami akan merasa terbantu.

Perhitungan kami, jika terdapat 100 guru yang bergabung, menggunakan dan ikut mengumpulkan dana 10 ribu saja tiap tahun, berarti akan ada dana sebesar satu juta rupiah yang akan dapat digunakan untuk menyewa hosting dengan kapasitas dan spesifikasi yang unlimited (tidak terbatas), dalam kurun waktu satu tahun tersebut.

Sehingga siswa yang ikut serta, akan lebih leluasa mengirimkan tugasnya, tanpa batasan ukuran file.

Jika Anda seorang Guru dan tertarik ikut serta dalam project Nganvas.com, atau sekedar menggunakan/memanfaatkan fitur gratisnya saja, atau mungkin memilih menjadi investor, silahkan isi form dibawah ini:

Dan dapatkan kesempatan Account Guru Gratis untuk 100 Guru pioner pertama.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di uboiz@yahoo.com.

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Source Code Greenfoot

Algorithma Coretan Abstrak dengan HTML5 Canvas

Game TicTacToe dengan Greenfoot

Honeycomb Style Wallpaper dengan HTML5 Canvas

Cara Membuat Halaman HTML Sederhana

Kode Greenfoot Game Snake Sederhana

Melihat Alamat Berbentuk QR Code di Undangan Pernikahan

Algoritma Tombol Putar dengan Greenfoot

Tips Agar Website Anda Segera di Terima oleh Google Adsense dan di-Monetize

Selamatan Latar Glundengan Bubuk Banyuwangi