Review Website Ceksite.com

Review berikut ini adalah review pribadi penulis mengenai website Ceksite.com.

Selain sebagai pembuat website, tulisan ini juga merupakan bentuk sakit hati penulis, dimana website edugameapp.com penulis hanya di hargai Rp. 5475 saja.




Analisa harga

Awalnya, pada 31 Maret 2019, penulis menemukan website Ceksite.com ini ketika penulis update website edugameapp, dan hendak melihat posisi di Google index.

Penulis terkejut, website penulis menjadi salah satu web yang dihitung dan dipublikasikan harganya oleh situs Ceksite.com, dengan harga diatas.

Sebagai pemilik, tentu penulis langsung sakit hati, karena perjuangan penulis hanya dihargai dan dipajang tanpa izin segitu.

Perlu diketahui, edugameapp adalah nama merek dagang dan rangkaian produk penulis, terkait Computational Lab di Google Play Store.

Penulis telah membuat lebih 50 aplikasi dan games Android dibawah nama developer Computational Lab dan merek dagang edugameapp, dan jika penulis hendak menjual edugameapp.com tersebut, itu sama saja penulis menjual seluruh aplikasi dan game penulis.

TOS dan Privacy Policy

Satu hal yang paling penting dari situs ini ketika tulisan ini dibuat. Ceksite.com, tidak memiliki kebijakan layanan dan privacy policy yang jelas.

Terbukti pada halaman website mereka, tidak dijelaskan dengan lugas, bagaimana mereka mendapat kisaran harga setiap website yang dihitung, dari mana rumusnya, apakah hanya dihitung berdasarkan traffic, atau mereka asal mengasih harga.

Bahkan ketika penulis mencoba mengontak mereka, terkait bagaimanakah perhitungan estimasi harga, tidak dibalas sama sekali, dan box chat berstatus offline meski pada jam kerja.

Yang menyebalkan lagi, harga website mereka sendiri senilai:


Sehingga, dengan bukti-bukti tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa layanan mereka tidak jelas, dan tampaknya mereka juga tidak sadar, bahwa yang mereka lakukan dapat merugikan pemilik website yang mereka hitung dan publikasikan tanpa izin.

Apakah mereka ingin seperti godaddy.com? itupun tidak jelas.

Bahkan mereka berani menghitung website pemerintah, yang menurut penulis tidak mungkin situs pemerintahan diperjualbelikan.


Terlebih privacy policy yang mereka gunakan, saat tulisan ini ditulis, mereka tidak mempunyai privacy policy sendiri. Privacy policy yang mereka gunakan adalah privacy policy milik Google, dan itu untuk layanan Adsense.

Iklan Google Adsense

Hal lain yang membuat penulis heran adalah munculnya iklan di Google Adsense.

Bagaimana mungkin, website dengan tidak adanya halaman about us, layanan dan privacy policy yang tidak jelas seperti ini lolos review Adsense?

Padahal menurut penulis, sesuai bukti-bukti di atas, per 1 April 2019 penulis dapat mengatakan bahwa website ini hanyalah scam. Dan harusnya ini bertentangan dengan privacy policy Google itu sendiri.

Oleh karena itu, seharusnya Ceksite.com, tidak mempulikasikan hasil perhitungan website secara umum. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap citra website-website usaha kecil, seperti usaha Android developer penulis. Kalapun ada pengguna yang menghitung, ya hasilnya cukup ditampilkan pada pengguna saja, tidak perlu dipublikasikan secara umum.

Dan kalaupun mereka cuma mengejar traffic untuk mendapatkan income dari iklan Adsense, tolong minta izinlah ke pemilik website masing-masing, apakah pemilik website bersedia domainnya dihitung dan dipublikasikan dengan harga hasil perhitungan mereka.

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Source Code Greenfoot

Game TicTacToe dengan Greenfoot

Honeycomb Style Wallpaper dengan HTML5 Canvas

Cara Menentukan Arah Kiblat Menggunakan Google Maps

Cara Membuat Halaman HTML Sederhana

Ganti Kartu ATM BNI yang Rusak

Mencoba Submit Theme di Wordpress.org

Gambar Kartun Prewedding Tentara

Melihat Alamat Berbentuk QR Code di Undangan Pernikahan

Contoh Countdown Timer untuk Halaman Web dengan Javascript