No matching variant saat Upgrade Grandle

Merupakan kewajiban bagi seorang developer Android, adalah me-maintenance aplikasinya.

Hal ini perlu dilakukan, sesuai himbauan Play Store, sebagai toko tempat menjual aplikasi seperti gambar di bawah ini, bahwa aplikasi tidak akan ditemukan oleh perangkat dengan SDK yang terbaru.


Tentu akan menjadi masalah jika tidak ditemukan, aplikasi akan kehilangan pasarnya, yang artinya developer berpotensi kehilangan income.

Dan yang penulis temukan juga, jika tidak diupdate ke SDK yang terbaru, sepertinya algorithma Play Store juga malas merekomendasikannya ke pengguna.

Tahun 2023, sudah menjadi tahun ke-8 penulis menjadi single fighter Android Developer. Bukan karena tidak ingin memperkerjakan/membutuhkan orang lain, namun kelemahan manajerial yang menjadi problem utamanya. Ditambah penulis adalah tipe yang kurang begitu percaya dengan hasil pekerjaan orang lain. Sehingga bekerja sendiri, menjadi pilihan yang paling aman dan tepat menurut penulis.

Suatu hari, tepatnya sehari sebelum tulisan ini di posting, setelah sekian bulan tidak dimaintenance, penulis mencoba memaintenance aplikasi yang lumayan mendatangkan income, yaitu DamDamn.

Aplikasi ini adalah aplikasi game permainan masa kecil penulis, dengan nama yang hampir sama, yaitu Dam-daman.

Karena laptop yang penulis gunakan berbeda, sehingga ketika dibuka di Android Studio dan diminta untuk upgrade ke versi grandle terbaru, muncul pesan sebagai berikut:

yang inti pesannya adalah No matching variant of com.android.tools.build:gradle:7.4.1 was found.

Ide awal dibuatnya aplikasi adalah karena penulis tidak ingin menyia-nyiakan usaha mengalahkan Saiful, teman Tsanawiyah dari Desa Drangin, Gurah, Kediri, yang memiliki trik-trik jago dan seringkali mengalahkan penulis dalam bermain Dam-daman.

Sehingga penulis mencoba menuangkan pengalaman itu, dalam bentuk algorithma game Android, yang untungnya dapat mendatangkan income.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, ternyata penulis perlu merubah setting grandle-nya, ke mode default saja, sesuai gambar di bawah ini:

kemudian tinggal di reload perintah upgrade grandle-nya:

jika perintah ini tidak muncul, pilih menu Invalidate Caches-Just Restart:

Maka jika Upgrade telah berhasil akan muncul tampilan seperti ini:

Penulis ingat, hal ini karena di laptop sebelumnya tidak begitu compatible dengan Android Studio, yang membutuhkan setting secara manual, yang salah satunya pada setting grandle ini.

Alhasil, ketika berganti laptop, setting Android Studio-nya juga berubah.

Dan untungnya, untuk yang di komputer ini, kostumisasi setting Android Studio hampir tidak ada. Entah ini yang lebih baik laptopnya, atau Android Studio-nya.

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Source Code Greenfoot

Game TicTacToe dengan Greenfoot

Algorithma Coretan Abstrak dengan HTML5 Canvas

Cara Membuat Halaman HTML Sederhana

Kode Greenfoot Game Snake Sederhana

Honeycomb Style Wallpaper dengan HTML5 Canvas

Ganti Kartu ATM BNI yang Rusak

Tips Agar Website Anda Segera di Terima oleh Google Adsense dan di-Monetize

Selamatan Latar Glundengan Bubuk Banyuwangi

Menggunakan JSON di Netbeans 8.2