Ban Tubeless Kecubles

Artikel ini adalah sedikit cerita penulis mengenai ban Tubeless yang konon katanya kalaupun bocor kena paku masih bisa digunakan untuk jalan. Sekedar informasi, sepeda motor yang penulis gunakan adalah Honda Verza 150 CW tahun 2015 yang dapat dilihat di video dibawah ini:


Memang benar, ketika kecubles paku, asalkan bukan paku yang ukurannya besar, ban Tubless masih bisa digunakan. Bahkan penulis masih memakainya untuk berkendara dari Banyuwangi ke Malang, plus ke Kediri dengan paku (ukuran kecil) masih tertancap. Dengan syarat angin pada ban harus terjaga tekanannya. Kalau dihitung jarak kurang lebih 400km.

Kemudian karena rasa ingin tahu cara bagaimana cara tambal ban Tubless, paku tersebut saya minta dicabut dan ditambal, dengan biaya tambal waktu itu 15rb. Apesnya ternyata si tukang tambal belum profesional. Ketika menambal, benar hasil tambalan dapat menyumbat lubang hasil tertancap paku. Namun karena terlalu melebar dan sobek kesamping, sehingga ketika motor dijalankan pada jalan yang bergelombang, lem tambalan ban Tubeless keluar dengan sendirinya dan bocor lagi. Penulis pun mencoba untuk menambalkannya lagi dua kali, masing-masing dengan biaya 10rb dan 15rb, tetapi hasilnya tetap sama, lem tetap keluar dengan sendirinya.

Solusinya, ternyata bukan dibelikan ban Tubeless yang baru, namun ban Tubeless ternyata dapat diisi ban dalam biasa. Sehingga ban luar tetep ban Tubeless lama dan ditambah ban dalem biasa, Hasilnya, penulis gunakan bolak-balik Malang-Kediri dan sempat ke Madiun, ban dapat digunakan secara normal. 

Kesimpulannya, jika ban Tubeless pembaca terkena paku, asalkan pakunya kecil dan tekanan ban masih bisa terkendali, biarkan saja paku itu menancap. Dan kalau mau ditambal, lebih baik langsung dipasang ban dalam saja, daripada lubang di ban Tubless ukurannya menjadi lebih besar.

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Source Code Greenfoot

Algorithma Java Mencari KPK dan FPB

Algorithma Perhitungan Weton Jodoh dengan Javascript

Genetics Algorithm Method with Progressive Error Prediction

Honeycomb Style Wallpaper dengan HTML5 Canvas

Kode Greenfoot Game Flappy Bird

Perbedaan Algorithma Perkalian Matrix dengan C++ dan Java

Jasa Konversi Aplikasi Greenfoot ke Android

Kode Greenfoot Game Snake Sederhana

Cara Menentukan Arah Kiblat Menggunakan Google Maps