Pekerjaan Satpam diluar SOP

Pixabay: Alexas_Fotos

Bicara masalah pekerjaan, menjadi Satpam adalah salah satu pekerjaan berat.

Selain dibebani oleh tanggung jawab menjaga keamanan yang besar, seorang satpam ternyata juga dibebani oleh tugas-tugas lain, yang itu bahkan diluar SOP mereka.

Contohnya disekolah SD dimana tempat penulis bekerja, satpam harus bisa mengatur lalu lintas, menjaga batas antar-jemput, menjaga lalu lintas jalan dan lalu-lalang anak yang keluar masuk sekolahan, menelepon orang tua ketika terlambat jemput, memesankan ojek online, bahkan menenangkan anak-anak jika yang menangis karena berkelahi, jatuh dan sebagainya.

Padahal, menurut Pak Roni, salah seorang satpam teman diskusi penulis, sebagian tugas di atas, dapat diringankan oleh keberadaan guru.

Sayangnya, tidak semua guru perhatian dengan masalah ini. Hanya sebagian, terutama kepala sekolah atau guru yang menjabat sebagai waka terkait kesiswaan, yang kadang ikut turun tangan membantu satpam.

Seringkali yaitu ketika jam pulang sekolah. Sebab pada jam pulang sekolah ini, suasana sekolah lebih ramai dibanding ketika jam masuk. Terutama oleh adanya ibu-ibu yang ngrumpi, sambil menjemput anaknya.

Untuk itu, salah satu harapan mereka contohnya, jika murid datang atau waktu pulang, seharusnya ada guru piket yang bertugas menjemput dan mengantar siswa.

Menjemput yang dimaksudkan disini, adalah ada guru yang bertugas berada di pintu gerbang masuk, selain mengucapkan selamat datang kepada murid, guru piket ini juga secara tidak langsung dapat membuat orang tua murid mengantarkan anaknya cukup sampai di pintu gerbang saja.

Hal ini sepele, tapi penting, karena jika orang tua mengantarkan siswanya sampai ke kelas, maka suasana dalam sekolah akan bertambah ramai, dengan ikut berjubelnya para orang tua siswa tersebut.

Begitu juga waktu pulang, dengan guru mengantarkan murid sampai di pintu gerbang, yaitu sampai bertemu dengan orang tua mereka. Maka orang tua pasti tidak akan masuk ke sekolah dan akan senang karena melihat anak-anak mereka sangat diperhatikan oleh gurunya. 

Sehingga dengan begitu, satpam bisa lebih fokus dalam mengatur lalu lintas jalan di depan sekolah. Sebab sudah terdapat guru yang ikut mengawasi dan menjaga anak-anak yang belum pulang, dan sekaligus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian uraian penulis tentang tugas pekerjaan seorang satpam yang diluar ekspektasi kita. Semoga bermanfaat dan ada pihak yang berwenang tentang masalah di atas membaca tulisan ini.

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Source Code Greenfoot

Algorithma Java Mencari KPK dan FPB

Algorithma Coretan Abstrak dengan HTML5 Canvas

Kode Greenfoot Game Snake Sederhana

Honeycomb Style Wallpaper dengan HTML5 Canvas

Cara Membuat Halaman HTML Sederhana

Modifikasi Obyek 3D Hellosceneform dengan MeshLab

Selamatan Latar Glundengan Bubuk Banyuwangi

Algorithma Perhitungan Weton Jodoh dengan Javascript

Menambahkan reCAPTCHA v2 pada Login Form