Pengalaman Pelanggaran Repetitive Content


Pada tanggal 13 Oktober 2020, penulis sebagai Android developer Computational Lab, mendapat email dari Google Play bahwa aplikasi penulis Spring Scale Newton dan Spring Scale Kilogram mendapat peringatan pelanggaran yang disebut repetitive content.

Di mana konsekuensi dari pelanggaran tersebut, kedua aplikasi penulis itu dalam status suspended. Yang diikuti pemutusan (disable) ad-serving Google Admob beberapa hari berikutnya.

Berbeda dari email peringatan sebelum-sebelumnya, email kali ini lebih manusiawi (bukan robot) dan dapat dipahami.

Dan karena kedua aplikasi sebenarnya sama, hanya berbeda gambar timbangan pegas dan satuan yang digunakan, kedua aplikasi tersebut dinyatakan sebagai "aplikasi yang sama, dengan sedikit perbedaan", yang termasuk pada pelanggaran repetitive content.

Sedangkan penjelasan repetitive content secara lebih lanjut dapat dilihat di link ini, dengan beberapa poin sebagai berikut:
  • Menyalin konten dari aplikasi lain tanpa menambahkan konten atau nilai asli apa pun.
  • Membuat banyak aplikasi dengan fungsionalitas, konten, dan pengalaman pengguna yang sangat mirip. Jika aplikasi ini masing-masing berukuran kecil dalam volume konten, pengembang harus mempertimbangkan untuk membuat aplikasi tunggal yang menggabungkan semua konten.
Kemudian, Google Play menyarankan untuk menggabungkan kedua aplikasi di atas menjadi satu aplikasi, dengan nama package yang baru juga.

Melihat traffic ke aplikasi Spring Scale Newton lumayan tinggi, maka penulis mencoba untuk meminta tetap mempublish Spring Scale Newton dengan nama baru Spring Scale, menggabungkan Spring Scale Kilogram ke Spring Scale, dan tetap membiarkan Spring Scale Kilogram tersuspend, melalui Appeal an app suspension yang linknya disertakan pada email pelanggaran.

Lebih dari satu minggu, permintaan penulis ini dikabulkan, dengan ketentuan, penulis perlu melakukan update *.aab terbaru dahulu, yang membutuhkan waktu review sehari.


Setelah penulis melakukan update, dan melakukan reenable ad-serving Admob melalui Appeals di sini, aplikasi Spring Scale yang menjadi gabungan Spring Scale Newton dan Kilogram dapat kembali online seperti semula.

Komentar



Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Source Code Greenfoot

Algorithma Java Mencari KPK dan FPB

Genetics Algorithm Method with Progressive Error Prediction

Algorithma Perhitungan Weton Jodoh dengan Javascript

Honeycomb Style Wallpaper dengan HTML5 Canvas

Kode Greenfoot Game Flappy Bird

Perbedaan Algorithma Perkalian Matrix dengan C++ dan Java

Jasa Konversi Aplikasi Greenfoot ke Android

Modifikasi Obyek 3D Hellosceneform dengan MeshLab

Eliminasi Gauss-Jordan untuk Invers Matrix dengan Java