Setting Iklan Admob untuk Game Anak-anak
Adsense telah memperketat publisher-nya, terkait pemasangan iklan yang sesuai dengan target konten online.
Terutama konten online yang ditujukan untuk anak kecil.
Konten online yang dimaksud seperti game Android dengan target anak dibawah umur 13 tahun.
Penulis adalah seorang developer Android dengan nama Computational Lab di Play Store, dan game A Ruler adalah salah satu game yang penulis buat dengan target usia pengguna dibawah 13 tahun.
Konon jika iklan yang ditampilkan tidak sesuai usia pengguna, aplikasi atau game dapat terkena pinalti di remove dari Play Store.
Setting Admob
Admob adalah Adsense untuk aplikasi atau game.
Berbeda dengan Adsense untuk konten online artikel website atau blog, di Admob terdapat setting Ad Content Rating yang dibagi menjadi 4 kelompok. Yaitu General Audiences, Parental Guidences, Teens, dan Mature Audiences.
Untuk iklan yang ditampilkan di aplikasi atau game dengan target anak-anak usia dibawah 13 tahun, Ad Content Rating perlu di set ke mode
Setting App Content
Selanjutnya di menu App Content, dalam Google Play Console, target distribusi aplikasi atau game di set dengan range usia sampai dibawah 5 tahun.
Untuk game A Ruler, penulis atur dengan batasan usia di atas 5 tahun.
Dan ketika Ad Content Rating pengaturannya lebih tinggi dibanding level rating di App Content, Play Store akan menampilkan peringatan ketidaksesuaian rating iklan.
Hasil
Semula penulis berpikir, sesuai peringatan Admob sendiri, bahwa iklan yang tampil akan dapat berkurang, baik secara impresi ataupun pendapatannya.
Berikut ini adalah bukti impresi iklan di aplikasi A Ruler, meskipun di setting untuk usia anak-anak, iklan masih lumayan ditampilkan:
Komentar
Posting Komentar